infodunia-pendidikan.blogspot.com. Kurikulum 2013 menuntut sistem penilaian Autentik. Sehingga metode penilaian agak berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Mungkin sebagian rekan pendidik masih kebingungan dengan sistem penilaian autentik ini. Pada kesempatan ini admin ingin share Contoh Penilaian Autentik Mata pelajaran Matematika.
Penilaian autentik |
Berikut
ini contoh penilaian autentik:
1. Pengamatan
langsung (observasi)
Sesungguhnya pengamatan langsung ini sering kita
lakukan dalam kegiatan pembelajaran, namun dengan dipersiapkan secara nyata
akan lebih membantu dalam melakukan pengamatan, walaupun sekedar menyiapkan
catatan. Contoh dari hasil pengamatan kelas didapatkan
Nama Siswa
|
Hasil Pengamatan
|
Jabar
|
Jabar tidak
begitu menanggapi jika ditanya teman sebangkunya
|
Alfa
|
Alfa tidak
memahami pencoretan dalam persamaan, karena untuk menentukan nilai dia melakukan pengerjaan:
|
Trigono
|
Trigono sering
keliru dalam mengalikan dan menjumlah kan pecahan
|
Gamma
|
Gamma
berpikirnya divergen dan sangat terampil dalam menggunakan jangka.
|
...
dst
|
|
2. Tanya
jawab
Wujud dari tanya jawab ini boleh saja berupa kegiatan
presentasi oleh siswa atau tanya jawab secara personal.
3.
Tugas
Gambaran mengenai perkembangan kualitas belajar
matematika dapat dilihat dari tugas yang diselesaikan. Tugas dapat dapat
dikaitkan dengan fenomena lingkungan atau bisa juga murni mengenai konsep yang
ada di matematika. Oleh karena penilaiannya setelah tugas diselesaikan maka
akan sangat bagus jika dikombinasikan dengan teknik lainnya misalnya dengan
wawancara. Misalnya siswa diminta mengukur tinggi tiang bendera dengan
menggunakan identiitas trigonometri.
4.
Tes
Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, tes dilakukan
setelah proses pembelajaran atau kegiatan selesai. Sayangnya tes seperti
biasanya berujung pada penyekoran. Pragmatis penyekoran sering sebagai
pertimbangan, sehingga cenderung mangabaikan proses. Pada kenyataannya, model
pilihan ganda yang paling banyak digunakan. Untuk memberikan ruang bagi
penilaian autentik maka pilihan ganda perlu ditambah dengan cara pengerjaan.
5.
Portofolio
Bahasa
sederhana dari potofolio adalah kumpulan pekerjaan yang telah dilakukan oleh
siswa. Di dalamnya bisa termasuk tugas, hasil tes, laporan, catatan guru, dan
sebagainya. Portofolio merupakan sumber data yang sangat baik bagi guru. Selain
itu portofolio dapat digunakan oleh siswa untuk melihat perkembangan yang
terjadi terhadap dirinya dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu setiap
portofolio harus diberi catatan tanggal penyusunannya.
Untuk menjamin penilaian benar-benar
faktual maka perlu adanya kombinasi dari berbagai teknik di atas.
Demikianlah Artikel Kali ini mengenai Contoh Penilaian Autentik Mata pelajaran Matematika Semoga bermanfaat.
Anda ingin versi dokumen word? Silakan Download :
Contoh Penilaian Autentik Mata pelajaran Matematika
Contoh Penilaian Autentik Mata pelajaran Matematika
Parlay Bola Jalan
ReplyDeleteSabung Ayam Android
Jadwal Bola Hari Ini
Casino GD88
Prediksi Bola Malam Ini
Agen Resmi SBOBET
Kumpulan Prediksi