Pembuatan RPP

Perbedaan Karakter si Kembar Modul 1 : Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Bismillah.

Masih melanjutkan tentang Soal Tugas Akhir dalam PPG Dalam Jabatan 2020. Ini adalah lanjutan dari postingan admin sebelumnya, yaitu  Peta Konsep Modul 1 : Konsep Dasar Ilmu Pendidik

 

ilustrasi anak kembar
ilustrasi anak kembar
 

Untuk kali ini admin akan share tugas akhir modul 1 yaitu : Konsep Dasar Ilmu Pendidik. Soal yang dibahas kali ini adalah soal nomor 2 yaitu :

Seorang petani memiliki anak kembar bernama A dan B. Setelah tamat SD, A dibawa pindah ke kota oleh pamannya yang bekerja sebagai supir. Sedangkan B tetap tinggal di desa dengan bapaknya. Setelah dewasa, pada usia 24 tahun A bekerja menjadi supir online di kota dan B menjadi buruh tani di desa. Penampilan dan pola hidup A berbeda dengan penampilan dan pola hidup B, padahal mereka bersaudara bahkan kembar. Coba anda jelaskan mengapa A dan B berbeda perkembangan pribadinya?

 Jawaban admin (pribadi):

Pada kasus perbedaan kepribadian anak kembar yang mengalami pola asuh berbeda, menunjukkan bahwa lingkungan sangat berperan penting dalam membentuk kepribadian seseorang.

Pada penelitian tentang pengaruh pembentukan karakter anak, Fakultas Psikologi Universitas Oslo menemukan bahwa lingkungan berpengaruh pada perkembangan anak. Pada penelitian tersebut juga menyebutkan beberapa faktor yang cenderung memengaruhi kepribadian anak, antara lain faktor tingkat stres yang dihadapi seseorang, pertumbuhan sarafnya, serta pengalaman pribadi yang dilalui anak. Hal tersebut cenderung dapat membuat kepribadian anak berbeda meskipun kedua anak tersebut kembar atau memiliki hubungan genetik.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka kasus A dan B di atas, bisa dijelaskan.

 

Demikian post kali ini semoga bermanfaat .


Disclaimer : 

Semua yang admin post adalah hasil jawaban pribadi admin sendiri sebagai peserta PPG, jadi tidak ada jaminan pasti benar, bisa saja salah. Silakan sobat ambil sebagai referensi bagi yang membutuhkan. dilarang keras plagiat jawaban atau hasil karya, karena fungsi utama PPG ini adalah untuk mendidik kita menjadi guru profesional & berintegritas!

0 Response to "Perbedaan Karakter si Kembar Modul 1 : Konsep Dasar Ilmu Pendidik"

Post a Comment

Silakan berkomentar, bertanya atau mengajukan saran berkenaan dengan blog ini.
Terkadang ada KOMENTAR SPAM IKLAN yang tidak bertanggung jawab. maka kami berlepas diri dari iklan-iklan semacam itu. Terima kasih.