Dalam Kurikulum 2013 terdapat beberapa perubahan dengan kurikulum sebelumnya. Salah satu aspek Perubahan yang terjadi dalam kurikulum 2013 adalah Aspek Penilaian siswa. Sebagai gambaran, pada kurikulum 2013 aspek yang dinilai secara umum adalah 3 aspek.
Penilaian dalam kurikulum 2013 |
- Penilaian Sikap. aspek penilaian ini meliputi : Proses, individu, sosial, dan alam.
- Penilaian Pengetahuan. Aspek ini meliputi : proses, subyek, dan obyek
- Penilaian Keterampilan. Aspek ini meliptuti : proses, abstrak dan konkret
Ada beberapa perubahan yang
mendasar pada penilaian yaitu pada Pelaporan. Diantaranya adalah:
1. Penilaian rapor untuk pengetahuanmenggunakan penilaian kuantitatif dengan skala 1 – 4
(kelipatan 0,33), dengan 2 (dua) desimal dan diberi predikat sebagai berikut:
A : 3,67 – 4.00
|
C+ : 2,01 - 2,33
|
A- : 3,34 - 3,66
|
C : 1,67 - 2,00
|
B+ : 3,01 - 3,33
|
C- : 1,34 - 1,66
|
B : 2,67 - 3,00
|
D+ : 1,01 - 1,33
|
B- : 2,34 - 2,66
|
D : ≤ 1,00
|
Penghitungan Nilai Pengetahuan
adalah dengan cara:
Menggunakan skala nilai 0 sd 100
Contoh
: Perhitungan nilai rapor
pengetahuan seorang peserta didik pada mata pelajaran Matematika
NH
= 80
UTS
= 75
UAS
= 85
Nilai
Rapor = 80+75+85 : 3 = 240: 3
Nilai
Rapor = 80
Nilai
Konversi = (80 :100) x 4 = 3.20 = B+
Yang ditulis
pada rapor adalah nilai koversi (3.20) dan predikatnya (B+).
2.
Penilaian Keterampilan
Pengolahan Nilai Rapor untuk Keterampilanmenggunakan
penilaian kuantitatif dengan skala 1 - 4 (kelipatan 0,33), dengan 2 (dua)
desimal dan diberi predikat sebagai berikut:
A
: 3,67 – 4.00
|
C+
: 2,01 - 2,33
|
A-
: 3,34 - 3,66
|
C
: 1,67 - 2,00
|
B+
: 3,01 - 3,33
|
C-
: 1,34 - 1,66
|
B
: 2,67 - 3,00
|
D+
: 1,01 - 1,33
|
B-
: 2,34 - 2,66
|
D : ≤ 1,00
|
Penghitungan Nilai
Keterampilan adalah dengan cara:
Menggunakan skala nilai 0 sd
100.
Contoh : Perhitungan
nilai rapor keterampilan seorang peserta didik pada mata pelajaranMatematika
Nilai
Praktik = 80
Nilai
Projek = 75
Nilai
Portofolio = 80
Nilai
Rapor = 80+75+80 : 3 = 235 : 3
Nilai
Rapor = 78.33
Nilai Konversi = (78.33/100)
x 4 = 3,13 = B+
3.
Penilaian Sikap
Penilaian Sikap dalam mata pelajaran diperoleh dari hasil penilaian
observasi (Penilaian Proses), penilaian diri sendiri, penilaian antarteman, dan
jurnal catatan guru.
Untuk penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
(KI-1 dan KI-2) menggunakan nilai Kualitatif sebagai berikut:
SB
= Sangat Baik =
80 - 100
B = Baik =
70 - 79
C = Cukup =
60 - 69
K = Kurang =
< 60
Contoh: Perhitungan nilai rapor sikap seorang peserta didik pada mata pelajaranMatematika
Nilai
Observasi = 85
Nilai
diri sendiri = 75
Nilai
antar teman = 80
Nilai
Jurnal = 75
Nilai
Rapor = 85+75+80+75 : 4 = 315 : 4
Nilai
Rapor = 79
Predikat = Baik
4.
Pada rapor
ada deskripsi dari setiap capaian kompetensi sikap, pengetahuan dan
keterampilan. Guru diharapkan membuat deskripsi dari capaian kompetensi
berdasarkan data capaian peserta didik sesuai dengan hasil penilaian setiap KD
pada semester tersebut.
Untuk
memahami lebih lanjut silahkan Anda Download Slide Proses penilaian dalam kurikulum 2013.
Pad Slide/Tayangan tersebut dijelaskan secara rinci bagaimana menghitung nilai kesemua aspek di atas, serta contoh penilaian kurikulum 2013. Demikian artikel kali ini mengenai Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.
maaf Min,
ReplyDeleteSepertinya perlu password untuk membuka filenya.
Terima kasih.
Password : infodunia-pendidikan.blogspot.com
DeleteThank me later
min kayaanya butuh pasward
ReplyDeletePassword : infodunia-pendidikan.blogspot.com
DeleteThank me later
Agen SBOBET Resmi yang telah menjadi
ReplyDeleteBANDAR JUDI BOLA Terpercaya Di Seluruh Indonesia.
Bernama Bola206 Di Situs www.Bola206.com
Menyediakan Banyak Jenis Game :
Parlay 2 Tim
Parlay Bola Jalan
Parlay Minimal Bet 1000
Bonus Mix Parlay