Pembuatan RPP

Contoh RPP Matematika Dengan Project Based Learning (Kurikulum 2013)


infodunia-pendidikan.blogspot.com. Assalamualaikum... Kali ini saya akan sharing sebuah RPP yang sudah untuk kurikulum 2013. RPP kali ini untuk mata pelajaran matematika SMK/SMA. RPP ini menggunakan model Project Based Learning (Pembelajaran berbasis proyek).
RPP Matematika



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan        : SMA
Kelas/Semester            : X / 2
Mata Pelajaran             : Matematika-Wajib
Topik                           : Geometri
Waktu                          : 4 × 45 menit


A.      Kompetensi Inti SMA kelas X:
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.  Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.  Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.  Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar
2.1 Menunjukkan sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan percaya diri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
2.2    Memiliki sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
3.13. Mendeskripsikan konsep jarak dan sudut antar titik dan garis dan bidang melalui demonstrasi menggunakan alat peraga atau media lainnya
4.13. Menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan ruang dalam menyelesaikan masalah nyata berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang.
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi.
3.13.1.   Menemukan konsep jarak antara titik dengan titik,  titik dengan garis, titik dengan bidang,  garis  
          dengan garis.
  3.13.2. Menggambar dan menghitung jarak titik ke garis, titik ke bidang dan jarak dua garis pada benda bangun ruang
3.13.3.menemukan konsep sudut antara garis dengan garis dan garis dengan bidang  melalui demonstrasi menggunakan alat peraga atau media lainnya
4.13.  Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan konsep menentukan jarak dan sudut antara titik dan garis dan bidang
3.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran geometri ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat :
1. Menuliskan definisi jarak dua titik, titik dengan garis, titik dengan bidang,  garis dengan garis.dengan kalimat sendiri. secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
2.   Mengimplementasikan konsep jarak 2 titik, titik dengan garis, titik dengan bidang,  garis dengan garis dalam pemecahan masalah matematika non rutin.

4.       Materi Matematika
Materi Fakta
1.      Unsur-unsur Bangun Ruang (titik sudut, rusuk, bidang sudut, diagonal bidang, diagonal ruang)
2.    Masalah-masalah kontekstual yang berkaitan dengan masalah geometri ( masalah kedudukan benda, jarak antar benda, dll)
 Materi Konsep
1.      Konsep jarak antara  titik ke garis pada bangun ruang
2.      Konsep jarak titik ke bidang pada bangun ruang
3.      Konsep besar Sudut pada bangun ruang
4.       Konsep pythagoras
5.       Konsep perbandingan trigonometri
Materi Prinsip
1.    Sifat-sifat jarak titik ke Garis
2.    Sifat-sifat jarak titik ke Bidang
3.    Sifat-sifat dua garis dalam bidang yang sama
Materi Prosedural
Langkah-langkah/ strategi dalam penerapan konsep dan prinsip jarak dan sudut antara titk, garis dan bidang

6.       Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific).Model Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah.  


 Password rar : infodunia-pendidikan.blogspot.com

Demikian Artikel kali ini mengenai Contoh RPP Matematika Dengan Project Based Learning (Kurikulum 2013). Jika link bermasalah silahkan berkomentar di bawah. Semoga Bermanfaat.

1 Response to "Contoh RPP Matematika Dengan Project Based Learning (Kurikulum 2013)"

  1. Prediksi Bola Jitu Dan Jadwal Bola Malam Ini Ini Dirancang khusus oleh tim ahli bola kami dan sudah pasti tentang keakuratan nya. Semoga Prediksi ini dapat membantu anda semua khususnya member setia kami

    Diinformasikan Untuk Para Pemain Taruhan Bola Jalan Di Indonesia. Kami Rekomendasikan Agen Bola Jalan Terpercaya Di Seluruh Indonesia. Bola206 Menjadi Salah Satu Agen Sabung Ayam dengan Catatan Terbaik dalam Memberikan Kepuasan Kepada Seluruh Pecinta Sabung Ayam Online di Indonesia.

    Untuk Bermain Sabung Ayam S128 Dapat Langsung Klik Link Dibawah Ini :
    Buat Akun S128

    ReplyDelete

Silakan berkomentar, bertanya atau mengajukan saran berkenaan dengan blog ini.
Terkadang ada KOMENTAR SPAM IKLAN yang tidak bertanggung jawab. maka kami berlepas diri dari iklan-iklan semacam itu. Terima kasih.